Existing Member?

My Story

WISATA PANTAI NELAYAN NGRENEHAN

INDONESIA | Wednesday, 19 December 2012 | Views [1250]

A view landscape of Ngrenehan Beach at Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

A view landscape of Ngrenehan Beach at Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

Pantai Ngrenehan merupakan pantai di desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai kecil dengan pasir putih serta dikelilingi perbukitan dan ombak yang kecil menambah eksostisme pantai tersebut, namun belum banyak pengunjungnya. Banyak terdapat puluhan nelayan yang memarkirkan perahunya di pantai tersebut. Daerah tersebut juga terdapat tempat pelelangan ikan.

Pada tahun 2000, nelayan pantai Ngrenehan sebenarnya akan digusur karena ingin dibangun hotel oleh pihak asing. Berkat perjuangan para nelayan, pembangunan hotel di kawasan tersebut berhasil digagalkan, ungkap Piyul salah satu nelayan di Pantai Ngrenehan.

Setiap hari nelayan berangkat melaut pada pagi hari yaitu jam empat pagi dan kembali pada siang hari. Namun untuk menangkap lobster bisa kapan saja memasang krendetnya. Para nelayan juga masih memegang teguh kearifan lokal, yaitu pada malam/hari Selasa dan Jumat Kliwon tidak melaut karena merupakan pantangan.

Lobster merupakan tangkapan primadona di pantai tersebut selain ikan bawal, ikan kakap merah/putih. Harga lobster biasanya mencapai Rp 200.000 s.d Rp 400.000 perkilogram berdasarkan jenis dan besar / kecil lobsternya. Harga ikan lebih murah jika membeli langsung pada nelayan sebelum masuk ke pengepul. 

Tags: beach, fish, fishermen, indonesia, yogyakarta

About nugrohokuthit


Follow Me

Where I've been

Photo Galleries

My trip journals


See all my tags 


 

 

Travel Answers about Indonesia

Do you have a travel question? Ask other World Nomads.